Thursday, October 12, 2006

SBY Minta Maaf


Akhirnya Indonesia melalui presiden SBY sendiri secara resmi mengucapkan permohonan maaf atas kasus jerebu yang melanda kawasan ini. Suatu langkah cukup positif dalam upaya meredam kedongkolan yang mendalam di kalangan rakyat Malaysia dan Singapura. Namun sepatutnya Presiden turut pula meminta maaf kepada rakyat Indonesia yang juga menderita akibat asap ini. Artinya sebagai pimpinan beliau telah lalai dalam menjamin kehidupan yang baik dan sejahtera kepada rakyatnya.

Presiden menegaskan, perginya asap ke negara tetangga khususnya Malaysia dan Singapura jelas bukan suatu kesengajaan Indonesia atau upaya untuk menyusahkan Malaysia dan Singapura. ”Kita terus mengatasinya, tetapi kenyataannya asap ini masih terus menganggu negara tetangga,” ujarnya.

Oke deh, tapi janji ya. Musim kemarau tahun depan kalau kita masih ada umur panjang gak bakalan lagi mendapat kasus semacam ini. Malu dong, masak setiap tahun begini-begini terus. Kan, besok Jumat 13 Oktober 2006 pada dikumpulin semua tuh para petinggi negara-negara berkepentingan, ditambah lagi dengan gubernur-gubernurnya, juga para pakar terkait untuk meng-clear-kan ini masalah. Saya berdoa mudah-mudahan Allah memberi petunjukNya kepada kita untuk dapat merumuskan langkah yang paling tepat dan efektif untuk tidak lagi mengekspor jerebu di masa depan.

No comments: